SMA IT Baitussalam

SMPIT Al Manar berkunjung ke smait baitussalam
SMPIT Al Manar Lawatan ke Prambanan

Barangsiapa ingin dipanjangkan umur dan rejeki nya, maka bersilaturahimlah. begitu Nabi Muhammad SAW memberikan semangat agar kita umat Islam memperbanyak menjalin silaturahim kepada saudara lainnya. Alhamdulillah hari selasa, 22 Agustus 2023 SMAIT Baitussalam Prambanan mendapatkan kunjungan dari saudara kita nan jauh dari bumi kalimantan, yakni SMPIT Al Manar Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Tamu spesial ini disambut di meeting room PPM Baitussalam lantai 2, acara penyambutan dibantu oleh beberapa santri, termasuk oleh ananda Hilmi zayid dan Tyas Prabu yang keduanya merupakan alumni dari SMPIT Al Manar Pangkalan Bun yang melanjutkan pendidikan di SMAIT Baitussalam Prambanan.

Tepat setelah rombongan dari SMPIT Al Manar memasuki ruang pertemuan, disambut dengan perform dari santri akhwat SMAIT Baitussalam dengan tari saman, mereka dengan apik menarikan tari khas Aceh itu hingga para tamu bertepuk tangan. tampilan selanjutnya adalah tari Beksan Wanara yang ditampilkan oleh santri ikhwan kelas XI SMAIT Baitussalam, tarian khas Yogyakarta yang ditampilkan oleh beberapa orang ini biasa ditampilkan dalam kegiatan di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Acara dimulai pukul 08.30 dipandu oleh pembawa acara Muhammad Yasril Amri dan Muh Dzaki Abdilah, dengan lancar membawakan acara menggunakan perpaduan bahasa inggris dan bahasa Arab.  Setelah dibacakan lantunan ayat suci Alqur’an olekh akhina  Dimas Rangga, santri kelas XII IPA takhasus Alqur’an, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan SMPIT AL Manar yakni ustadzah Dwi  Sudaryanti Fathonah, S.Si. M.Sc., kemudian sambutan dari kepala sekolakh SMAIT Baitussalam ustadz Qomaruddin, S.Pd.I, serta turut menyambut pimpinan Pondok Pesantren Modern Baitussalam KH. Abdul Hakim A.Ka., beliau menyampaikan ahlan wa sahlan di pondok pesantren modern Baitussalam dan filosofi pendidikan dan kebudayaan dari bangunan masjid yang berdampingan dengan candi prambanan dan asrama joglo walisongo.

Ustadz Priyo Yulianto,S.Pd.SI yang merupakan bagian tim penerimaan santri baru (PSB) di SMAIT Baitussalam memaparkan profil SMAIT, mulai dari visi misi dan sistem pembelajaran di SMAIT Baitussalam, keunggulannya adalah memiliki tiga pilar yakni pilar lughowi/bahasa, pilar tarbawi/ pembinaan, dan pilar qur’ani/ Al-Qur’an. dari pilar bahasa para santri dituntut mampu berbahasa arab dab bahasa inggris secara aktif, pilar tarbawi santri dituntut mampu berperilaku baik, berakhlakul karimah, dan pilar qur’ani para santri dituntut untuk menghafal minimal 3 juz dalam 3 tahun untuk kelas reguler, sedangkan untuk kelas takhasus target menghafal sebanyak 30 juz.

Disampaikan pula puluhan prestasi yang sudah dicapai oleh santri SMAIT Baitussalam dari tingkat nasional dan tngkat daerah. Ada  juga alumni yang melanjutkan studi di timur tengah, dan alumni angkatan 7 Enormous Generation sejumlah 4 anak melanjutkan studi ke Taiwan melalui lembaga tairan Centre, Semoga lancar kuliahnya. Profil kedua yang disampaikan dari unit KMI Baitussalam,  Sebagai pondok alumni Gontor PPM Baitussalam membuka program KMI. selanjutnya dibuka sesi tanya jawab, para peserta didik dari SMPIT Al Manar sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. panitia memberikan dooprice menarik bagi peserta yang mengajukan pertanyaan.

Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari masing-masing sekolah dan diakhiri dengan foto bersama. Setelah keluar dari ruangan acara santri akhwat diajak ke kompleks asrama dan kelas akhwat di klurak, serta melihat perpustakaan dan asrama serta masjid BFT yang belum lama ini di resmikan oleh beliau pembina Yayasan PPM Baitussalam Dr. M. Hidayat Nur Wahid. santri ikhwan diajak keliling ke asrama pulerejo dan asrama joglo. Setelah dirasa cukup dan berfoto para tamu kemudian kembali ke kendaraan yang diparkir di depan GOR Baitussalam. Selamat melanjutkan perjalan, fi amanillah semoga lancar sampai akhir perjalanan. Aamiin

By : Fery Subakti, S.Pd

Share Artikel

Facebook
Telegram
WhatsApp
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lain