Siswa SMP IT Baitussalam 2 Cangkringan Menjadi Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022

Selamat dan Sukses !! Siswa SMP IT Baitussalam 2 Cangkringan Menjadi Salah Satu Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 Dalam rangka memperingati Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2022, Salah satu kegiatan Pramuka tahunan yang digelar adalah Jambore Nasional (Jamnas).  Kali ini Jambore Nasional ke XI Tahun 2022 diadakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (BUPERTA) Pramuka Cibubur, Jakarta. Allhamdulillah atas izin Allah salah satu siswa SMP IT Baitussalam 2 Cangkringan yang bernama Zanjabil Ali Rafi Yusuf  kelas 8 terpilih menjadi salah satu peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 yang akan diadakan tanggal 14 – 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (BUPERTA) Pramuka Cibubur, Jakarta. Jambore Nasional gerakan Pramuka merupakan kegiatan perkemahan besar pramuka tingkat penggalang (usia 11-15 tahun) yang diadakan oleh Kwartir Ranting Nasional (Kwarnas). Konsep Jamnas sendiri adalah kegiatan yang edukatif di alam terbuka yang dibalut persaudaraan dan penuh dedikasi. Tujuan kegiatan tersebut untuk mencetak generasi Pramuka yang berprestasi sebagai pemimpin bangsa di masa depan. MENGENAL ARTI MASKOT JAMBORE NASIONAL KE XI TAHUN 2022 Setiap tahun, Jamnas mempunyai logo dan maskot yang berbeda-beda. Untuk Jambore Nasional ke XI tahun 2022 ini, logo utama yang diusung terdiri dari huruf J dan angka 11. Huruf J mewakili kata Jambore, sedangkan angka 11 menunjukkan bahwa Jamnas tahun 2022 ini merupakan rangkaian kegiatan Jamnas kesebelas. Selain logo utama, terdapat siluet tunas kelapa yang merupakan lambang gerakan Pramuka. Hal ini berarti bahwa kegiatan Jamnas digelar oleh gerakan Pramuka. Selain itu, tersemat lambang World Organization of Scout Movement (WOSM) yang merupakan lambang organisasi kepanduan dunia. Warna merah pada logo memiliki arti kegembiraan, keberanian dan kekuatan. Sedangkan warna dasar putih menggambarkan kesederhanaan kemurnian dan kecerdikan. Warna hitam pada tunas kelapa mengekspresikan keteguhan, kekuatan dan tangguh. Sedangkan warna ungu pada lambang kepanduan menggambarkan imajinasi, kebijaksanaan, independen, dan visioner. Untuk maskot yang digunakan Jamnas tahun 2022 ini adalah elang jawa dengan setangan leher merah putih. Hal ini karena elang jawa di anggap sebagai burung yang mewakili lambang negara, sehingga dipilih sebagai maskot Jamnas 2022. Tak hanya asal pilih, maskot burung elang jawa tersebut juga memiliki beberapa arti lain. Burung dianggap melambangkan keceriaan, sehingga Jambore Nasional XI Tahun 2022 bernuansa ceria. Burung elang juga biasa terlihat terbang sendiri, sehingga ini memiliki makna bahwa Pramuka penggalang diharapkan selalu berusaha menjadi pribadi yang mandiri dan berdikari Selain itu, burung elang suka terbang tinggi, yang berarti Pramuka penggalang harus terus mau belajar. Maskot burung elang juga memakai setangah leher berwarna merah putih, yang menunjukkan tanda pengenal gerakan Pramuka dan pelengkap seragam Pramuka.      
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Lain

Share
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Masuk TOP 1000 UTBK

Masuk TOP 1000 UTBK

Ada yang berbeda pada milad Pondok Pesantren Modern Baitussalam yang ke 36 kali ini. Unit SMA IT Baitussalam memberikan kado yang indah untuk pondok pesantren.

Selengkapnya »
50% Lulusan Tembus PTN

50% Lulusan Tembus PTN

Alhamdulillah, biidznillah tahun ini 50% Lulusan Tembus PTN dengan berbagai jalur yang ditempuh oleh mereka. PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mereka pilih tersebar di berbagai daerah.

Selengkapnya »