Search
Close this search box.

Upgrading Guru: Merawat Ukhuwah, Tingkatkan Kinerja, untuk Sekolah Berkemajuan

Prambanan (2/1) — Menuju SMP Terbaik Yogyakarta 2022, Ustadz-ustadzah SMP IT Baitussalam Prambanan memulai semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan Upgrading. Rangkaian kegiatan disiapkan sebagai pembekalan memasuki semester baru, dimulai hari Senin, 2 Januari 2023 dengan taujih-taujih hamasah.

Ustadzah Ririn Setyaningsih, S.Sos. selaku Kepala SMP IT Baitussalam Prambanan memulai agenda acara Upgrading dan rencana kegiatan selama dua pekan. Beliau menambahkan pesan semangat menyambut tahun yang cukup padat, dimana tahun ini ada akreditasi dan program sekolah penggerak.

Materi pertama adalah Mempertahankan Energi Ukhuwah oleh Ustadz Ali Muhsin

“Marsus, kokohnya bangunan fisik atas bagian kerjasama dari partikel-partikel di dalamnya. Kita harus siap dengan ukhuwah yang kokoh. Kita tidak mungkin membangun sebuah bangunan tanpa ada kesadaran, tanpa ada kerelaan tanpa adanya pengorbanan. Mudah-mudahan kita senantiasa diberikan keistiqomahan di dalam berjuang di jalan-Nya,” jelas Ustadz Ali Mushin.

Materi kedua adalah tentang Tazkiyatun Nafs, yang disampaikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Modern Baitussalam, K.H. Abdul Hakim Aka

“At-thariqah ahammu mina-l-maddah, wa al-mudarris ahammu mina-t-thariqah, wa ruhu-l-mudarris ahammu mina-l-mudarris nafsihi. Jiwa atau ruh seorang guru lebih penting dari semuanya. Dorongan ruh yang senantiasa memiliki niat yang suci, yang benar-benar ikhlas, sehingga nilai dunia dan akhirat kita dapat. Beberapa nutrisi untuk ruh kita antara lain tilawatil quran, mujalasatus sholihin, adzikru, dan ibadah nafilah. Sungguh beruntung orang yang menyucikan jiwa, sungguh rugi orang yang mengotorinya,” ungkap beliau.

“Hadzaminfadhlirabbi, majunya Baitussalam atas karunia Allah, kita bukan siap-siapa, Alhamdulillah, Allah memberikan rizki. Mari kita tingkatkan ukhuwah islamiyah kita, berfikir positif, dan berbahagialah di Baitussalam,” tambah Ustadzah Suprihantini, sekretaris PPM Baitussalam.

Untuk agenda selanjutnya ustadz-ustadzah akan mengikuti Workshop Pembelajaran ADLX dari JSIT, Pembuatan Perangkat Pembelajaran Semester Genap, Outbond Berkarakter di Pakem, dan Pembekalan dari Pondok. Semoga menjadi salah satu ikhtiar mewujudkan salah satu SMP Terbaik Yogyakarta 2022.(Hsn)

Materi dari UStadz Ali Muhsin
Peserta dari Ustadz-ustadzah
Materi dari KH. Abdul Hakim
Materi tambahan dari Ustadzah Suprihantini
Facebook
Telegram
WhatsApp
Share

Artikel Lain