Uji Publik Kurikulum – Baitussalam – Sekolah Di Jogja

Prambanan,Cangkringan – Mengawali kegiatan sekolah pada Tahun Ajaran 2020/2021, SDIT Baitussalam 2 Cangkringan dan SMPIT Baitussalam Prambanan melaksanakan Uji Publik Kurikulum.  Kegiatan ini  dihadiri oleh Yayasan sekaligus Pimpinan Pondok Modern Baitussalam KH Abdul Hakim, Aka, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Kepala SDIT dan SMPIT, Kepala Unit sekolah Baitussalam, Guru, Staff sekolah dan Perwakilan OSIS atau OSBA.

Salah satu tujuan uji publik kurikulum ini adalah mememastikan bahwa semua pihak yang berkepentingan memahami segala pengaturan pada proses pendidikan di SDIT dan SMPIT Baitussalam. Semua pengaturan inilah yang tertuang pada dukumen kurikulum.  Kehadiran Kepala Unit Baitussalam dimaksudkan agar dari Kepala tersebut  mengetahui kurikulum SDIT dan SMPIT Baitussalam, demikian pula Kepala SMA agar mengetahui sistem yang diberlakukan di SDIT dan SMPIT agar proses pendidikan dapat berkesinambungan. Hal ini karena tiap tahun lebih dari 80% siswa SD dan SMP IT  melanjutkan ke SMAIT Baitussalam..

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Paparan Kurikulum,  tanggapan tanggapan. Sambutan sekaligus tanggapan di sampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP dan Pengawas. Sambutan Yayasan Pondok Modern Baitussalam yang mana beliau berpesan untuk selalu memahami metode dalam mengajar dari pada materi mengajar sekaligus memberikan penekanan bahwa ruh atau kesungguhan seorang guru lebih penting dari segala apapun dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan dalam bentuk arabnya

المادة مهمة ولكن الطريقة اهم من المادة

Materi Pembelajaran adalah sesuatu yang penting, tetapi metode pembelajaran jauh lebih penting daripada materi pembelajaran

الطريقة مهمة ولكن المدرس اهم من الطريقة

Metode pembelajaran adalah sesuatu yang penting, tetapi guru jauh lebih penting daripada metode pembelajaran

المدرس مهم ولكن روح المدرس اهم من المدرس

Guru adalah sesuatu yang penting, tetapi jiwa guru jauh lebih penting dari seorang guru

“Ujar KH AbdulHAkim,Aka dalam sambutannya

Sementara itu  Pengawas Sekolah. mengungkapkan, dokumen kurikulum merupakan “Kitab Suci” pengembangan pembelajaran di Sekolah. lanjutnya, Sekolah Islam Terpadu menjadi satu-satunya Sekolah yang telah melaksanakan uji publik kurikulum. “Uji publik kurikulum merupakan kebutuhan untuk pengembangan kurikulum agar sesuai jalurnya,”ujarnya. Kegiatan uji publik kurikulum dilaksanakan dengan hikmat dan sungguh-sungguh baik tamu undangan, pengawas dan guru-guru. (Abi Ka Ka)

https://baitussalam.sch.id/
https://baitussalam.sch.id/
https://baitussalam.sch.id/

.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *