Search
Close this search box.

Seru! Belanja ke Pasar Prambanan – Rangkaian Kegiatan P5 – Islamic Boarding School Terbaik

Prambanan (15/5) — Santri kelas 7 dan 8 Islamic Boarding School Terbaik, SMP IT Baitussalam Prambanan berbelanja di Pasar Prambanan, Senin 15 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian aksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan. Sebelumnya kegiatan yang diikuti secara berkelompok diawali dengan Orientasi Wirausaha dilanjutkan dengan pembuatan Bisnis Plan, dan kegiatan aksi yang salah satunya adalah berbelanja secara mandiri untuk persiapan barang yang akan diolah dan dijual nantinya.

“Setelah orientasi, kami minta anak-anak untuk memfiksasi produk, mencari langkah-langkah, alat, dan bahan pembuatan produk, menentukan modal, mengumpulkan modal, menentukan harga jual, menghitung prakiraan laba, dan menentukan jumlah produk nantinya. Harapannya, mereka melakukan secara mandiri dan langsung praktik di lapangan sehingga mereka dapat belajar bagaimana berwirausaha. Ketika terjun di pasar tradisional mereka juga dapat belajarbersosialisai, tawar-menawar, bahan di pasar tradisional juga lebih fresh, dan juga tentu mencintai produk buatan Indonesia” ungkap Ustazah Anggi Nur cahyani, S.Pd. selaku Koordinator Tema P5 ke-3.

Pukul 07.00 WIB santri putri perwakilan kelompok berangkat menggunakan Bus Baitussalam menuju Pasar Prambanan, sebuah pasar tradisional terbesar di Kapanewon Prambanan. Didampingi fasilitator, mereka membeli segala macam kebutuhan untuk karya olahan mereka. Selanjutnya, pukul 09.30 WIB bergantian santri putra yang menuju ke pasar dan berbelanja.

“Alhamdulillah, Kami dapat berbelanja langsung di sini. Kami belajar tentang jual beli yang biasanya orang tua kami lakukan. Ada kejadian seru tadi, saya ternyata sempat dicari teman-teman,” papar Fauzan kelas 8A.

Para pedagang banyak yang mengapresiasi atas kegiatan para santri ini. Mereka berterima kasih dan menyambut baik kegiatan dari para santri.

“Program yang bagus. Anak-anak ke depannya bis lebih mandiri, bisa bersosialisasi dan dapat membantu orang tua,” ungkap salah satu pedagang.

Rencananya, setelah bahan-bahan terkumpul akan kemudian diolah. Selain itu mereka juga berkreasi dan berinovasi produk-produk tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah tetap pada poin makanan halal, thoyyib, dan sehat. Acara puncak P5 Islamic Boarding School Terbaik sendiri akan bertajuk Pasar Raya yang akan digelar rabu, 17 Mei 2023 nantinya. (Hsn)

Cari Foto Lain KLIK

 

Facebook
Telegram
WhatsApp
Share

Artikel Lain