Sekolah Islam di Jogja – Pelatihan Baris Berbaris

Pondok Modern Baitussalam adalah Sekolah Islam di Jogja yang mengadakan kerjasama dengan Koramil kec. Prambanan dengan melaksanakan pelatihan baris berbaris, didalam pelatihan ini banyak manfaat yang didapatkan santri Baitussalam yaitu tentang disiplin dan kebersamaan. Ada beberapa materi yang di dapatkan santri dalam pelaksanaan PBB dalam waktu 1 Minggu, alhamdulilah semangat anak-anak luar biasa terik matahari, keringat menjadi hiburan anak-anak dalam latihan baris berbaris karena anak-anak santri PPM Baitussalam terbisa mengikuti kegiatan Pramuka setiap hari sabtu karena kegitan pramuka adalah kegiatan yang di tunggu anak dalam 1  Minggu, hari sabtu adalah hari santri untuk menonjolkan kreatifitas dan hiburan mereka karena saat pramuka anak bisa belajar bersama denga kelompok mereka masing-masing walaupun mereka aktif di kegiatan pramuka tetapi nilai dari sekolah islam selalu mereka jaga agar nama baik dirinya dan nam baik pondok selalu di jaga.

Koramil prambanan memberikan 3 Sesi yaitu : penjelasna baris berbaris, tujuan, aba-aba  dan praktek baris berbaris

Sesi Pertama :

  1. Pengertian Baris Berbaris

Suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu.

di sini koramil mengajarkan kepada sisiwa Smpit dan Smait untuk melatih fisik dan kebersamman. banyak orang tidak mengerti tujuan kebersamaan, untuk apa hidup bersama tetapi di sini kramil menjelaskan makna dan arti kebersamaan yang di sambungkan dengan latihan baris berbaris.

Sesi kedua

  1. Maksud Dan Tujuan

Tujuan dari PBB adalah :

Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.

Disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.

  1. Aba – Aba

Pengertian

Suatu perintah yang di berikan oleh seorang Komandan kepada pasukannya, untuk dilaksanakan secara serentak atau berturut-turut.

MACAM-MACAM GERAKAN DASAR

  • Sikap sempurna
  • Sikap istirahat
  • Periksa kerapihan
  • Lencang kanan/kiri
  • Lencang depan
  • ½ lencang kanan/kiri
  • Hadap kanan/kiri
  • Hadap serong kanan/kiri
  • Balik kanan
  • Jalan ditempat
  • Bubar dan kumpul

Sesi ketiga :

Setelah Memberikan 2 Sesi dalam 2 hari saatnya seluruh peserta santri Baitussalam sekolah islam mulai meperaktekan bagaimana tata cara baris berbaris, alhamdulilah dalam 5 hari merekaa praktek di lapangan pondok Baitussalam anak-anak merasa senang dan merasa bisa hidup bersama dan mejaga kebersamaan kareana dalam latihan baris berbaris bukan hanya melatih fisik, disiplin, ketangkasan saja melainkan nilai kebersamaan dan kekompakan menjadi nilai tersendiri yang mereka dapatkan satu salah yang lain ikut salah, satu sakit yang lain sakit, satu berkeringat yang lain berkeringat, satu rapi yang lain ikut rapi dan lain2

 

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Sekolah Islam di Jogja – Pelatihan Baris Berbaris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *