Prambanan — SMP IT Baitussalam Prambanan mengadakan lomba penulisan soal dan kisi-kisi soal untuk para guru mata pelajaran baik kedinasan maupun mata pelajaran diniyah. Kegiatan lomba dilaksanakan mulai tanggal 28 Februari sampai 6 Maret 2022.

“Lomba ini merupakan sarana untuk meningkatkan kompetensi para guru di dalam menulis soal, khususnya soal berbasis literasi, numerasi, dan HOTS. Sebelumnya kami sudah adakan workshop penulisan soal HOTS pada tanggal 6 Januari 2022,” papar Ustazah Ririn Setyaningsih, Kepala SMP IT Baitussalam Prambanan.

Soal dan kisi-kisi soal kemudian dikumpulkan ke kepala sekolah dan diserahkan kepada tim juri untuk tahap penilaian. Adapaun juri atau tim penilai adalah Bapak Sunarta, S.Pd., Pengawas SMP IT Baitussalam Prambanan Tahun 2022 dan juga Bapak Surakhmad, M.Pd., pengawas tahun 2021. Untuk Iindikator penilaian adalah (I) Menggunakan stimulus kontekstual, (II) Stimulus mendorong peserta didik melakukan sesuatu, (III) Mengukur level kognitif penalaran, (IV) Menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang benar, dan (V) Konstruksi Soal.

Setelah digabungkan nilai kedua juri maka perolehkan lomba adalah sebagai berikut. Juara satu diraih oleh Ustaz Hasan Riyadi, S.Pd. dengan skor 460. Juara dua diraih oleh Ustaz Aprian Resahadi, S.Pd. dan Ustaz Novianto Ari Prihatin, S.S, dan Ustazah Anggi Nur Cahyani, S.Pd.Si. dengan skor 447,5. Juara ketiga diraih oleh Ustazah Yunti Fakhrulia Subakti, S.Pd. dan Ustaz Yusuf Hamdani, S.Pd. dengan skor 442,5. Selanjutnya Juara Harapan Satu diraih oleh Ustazah Gita Anantari, S.Pd. dengan skor 435. Juara harapan dua diraih oleh Ustazah Madiha, A.Md. dan Ustazah Dian Ernawati, S.Pd. dengan skor 430. Terakhir juara harapan tiga diraih oleh Ustazah Ribka Dian Handayani, S.Pd dengan skor 420.

“Selamat kepada para juara. Semoga bertambah semangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di SMP IT Baitussalam serta menginsipirasi teman-teman yang lain. Barakallah,” ungkap Ustazah Ririn di akhir acara penyerahan piagam penghargaan. (HR4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *