Penilaian Tengah Semester Gasal 2022 Telah Tiba

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Penilaian tengah semester (PTS) merupakan agenda yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam bidang akademik maupun non akademik. Sudah beberapa hari yang lalu PTS diadakan di Pondok Pesantren Modern Baitussalam. Setelah agenda yang panjang dari khutbatul Arsy (KA),  hingga Baitussalam All Star Show (BASS), akhirnya santri putra maupun santri putri dapat fokus dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi PTS. PTS 1 tahun 2022 ini diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 22 September 2022 (untuk SMP IT) sedangkan 19 September hingga 30 September 2022 (untuk SMA IT).

Untuk takhassus (kelas program tahfidz) yang SMA tidak mengikuti PTS pada tahun ini. Akan tetapi diganti dengan pengulangan materi selama 2 pekan. Sedangkan untuk takhassus SMP akan tetap mengikuti mengikuti PTS.

Untuk PTS 1 tahun 2022 ini diharapkan santri-santri lebih serius lagi dalam mempersiapkan diri. Dikarenakan untuk beberapa jenjang, yaitu jenjang 7 SMP dan 10 SMA sudah menggunakan kurikulum yang baru. Hal ini menuai tanggapan dari guru olahraga SMP IT Baitussalam 1, Ust. Riri, “Harapannya semoga siswa mendapatkan hasil yang memuaskan mengingat kurikulum yang di ujikan saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk kelas 7 SMP dan kelas 10 SMA menggunakan kurikulum merdeka. Untuk kelas 8, 9 SMP dan  11, 12 SMA menggunakan kurikulum 2013.”

Santri-santri SMP IT Baitussalam 1 sedang belajar mempersiapkan ujian yang akan datang.

Sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan santri dalam belajar, Organisasi  Santri Baitussalam (OSBA) bagian pengajaran telah mengeluarkan peraturan baru untuk menghadapi PTS. Berikut peraturan baru dari OSBA bagian pengajaran  selama PTS:

  • Wajib bagi seluruh santri untuk selalu membawa buku pelajaran kemana saja. Sebagai salah satu bentuk ikhtiar menghadapi PTS.
  • Memperketat jadwal belajar malam supaya santri lebih serius dan tidak ada yang bercanda atau bahkan tidur.

Mengingat sekarang santri-santri banyak yang sakit ringan (seperti batuk-pilek), sementara PTS akan segera dilaksanakan, para santri diharuskan untuk selalu menjaga kesehatannya. “Untuk santriwan maupun santriwati sendiri harus menjaga kesehatan dan kurangi begadang,” ujar  ust. Rohmat selaku guru bahasa Indonesia SMA IT Baitussalam.

Semoga sukses dalam menghadapi Penilaian Tengah Semester Gasal Tahun ini. Selalu semangat belajar, jaga kesehatan, dan jangan lupa untuk selalu berdoa.

 

Salamedia                              

Penulis:

  1. Umar Azzam Alauddin (XI IPA 1)
  2. Fajar Yoga Pratama (XI IPA 1)
  3. Muhammad Yasril Amri (XI IPA 1)