Pembukaan Pramuka – Pondok Baitussalam

            Tepat pada tanggal 25 Januari 2020 Pondok Modern Baitussalam mengadakan agenda tahunan yang mana menjadi kegiatan rutin selama satu tahun kegiatan tersebuat adalah Pembukaan Pramuka. Kegiatan wajib  ini yang mana di berhentikan sementara karena bersamaan dengan dekatnya ujian semester 1  di Pondok Modern baitussalam, oleh karena itu untuk sementara kegiatan pramuka di berhentikan agar semua santri focus ke belajar untuk menghadapi ujian.

            Setelah selesai ujian dan santri kembali dari liburan seluruh aktivitas santri sudah berjalan seperti biasa termasuk kegiatan rutin yaitu PRAMUKA, kegiatan ini yang sangat ditunggu-tunggu oleh santri karena setiap hari sabtu kata mereka adalah hari surga atau hari libur dan bersenang-senang bagi mereka “ tutur santri, Karena hari sabtu mereka bias berkumpul dengan teman-teman kelompoknya masing-masing dan membuat permainan atau bernyayi bersama-sama melatih kebersamaan. Pramuka merupakan kegiatan rutin di pondok Baitussalam mereka dilatih kepemimpinan, kebersaman, kekompakan, kerapian dan lain. Tepat setelah mereka liburan mereka ingin bertemu dan menanti-nantikan kegiatan pramuka.

            Koordinator  Pramuka merupakan pengurus dari gerakan pramuka yang menjalankan dan mengatur kegiatan pramuka, tepat pada tanggal 11 januari telah pelantikan pengurus baru gerakan pramuka oleh karena itu kepengurusan baru ini mereka masih semangat-semangatnya membuat agenda dalam kegiatan pramuka, dan pada tanggal 25 januari 2020 koordinator pramuka mempersiapkan agenda Pembukaan Pramuka semester 2, persiapan dilaksanakan mereka tepat 4 hari sebelum kegiatan di mulai dari pembuatan panitia, mengurus surat-surat, melatih petugas upacara dan yang tidak kalah penting yaitu pembuatan pioneering, Pionering adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, Seperti bangunan kreatif, Tandu, Mendara Kaki tiga, menara kaki empat, dan alat-alat lain nya,Dalam tali temali kita sering mencampuradukkan antara tali, simpul dan ikatan. Hal ini sebenarnya berbeda sama sekali. Bedanya Tali adalah bendanya. Simpul adalah hubungan antara tali dengan tali. Ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misal kayu, balok, bambu dan sebagainya.

            Setelah selesai menyelesaikan seluruh persiapan hari sabtu jam 07.30 pembukaan kegiatan pramuka di mulai, seluruh santri bergegas menuju lapangan pembukaan pramuka yang betempat di depan GOR, dengan berbagai persiapan kelompok mereka dari Umar Bin Khotob, Usman Bin Affan, Kholid Bin Walid dll seluruh santri berjalan bersama-sama dari asrama ke lapnagan dengan di iringi lagu-lagu cipataan grub atau kelompok masing-masing. Upacara di mulai dengan hikmat seluruh santri mengikuti agenda dari pembukaan sampai penutupan, Pembukaan dihadiri seluruh santri dan guru-guru

            Inspektur upacara di sampaikan langsung oleh Pimpinan Pondok serta sekaligus membuka kegiatan Pramuka. Pramuka merupakan kegiatan rutin dan selalu patuh dan siap atas apa yang sesuai dengan pesan dari 10 dasa dharma pramuka (1) Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa,(2) Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, (3) Patriot yang sopan dan kesatria, (4) Patuh dan suka bermusyawarah, (5) Rela menolong dan tabah, (6) Rajin terampil dan gembira, (7) Hemat, cermat dan bersahaja, (8) Disiplin, berani dan setia, (9) Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, (10) Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan serta 10 Muasofat 1. Salimul Aqidah 2. Shahihul Ibadah 3. Matinul Khuluq 4. Qowiyyul Jismi 5. Mutsaqqoful Fikri 6. Mujahadatun Linafsihi 7. Harishun ‘ala Waqtihi 8. Munazhzhamun fi Syu’unihi 9. Qodirun ‘alal Kasbi 10. Naafi’un Lighoirihi, Ini semua yang harus di miliki santri yang berjiwa Pramuka “ Sambutan Pimpinan Pondok.

            Setelah acara selesai dan pembukaan sudah di sampaikan pimpinan pondok anak-anak bergegas mengikuti agenda yaitu hakking ke cangkringan.  Hiking adalah salah satu kegiatan outdoor dimana pelakunya melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olahraga. Biasanya tempat yang di tuju adalah lokasi yang memiliki panorama indah, dengan jalur yang sudah di buat.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *