Search
Close this search box.

Mengembangkan Potensi Santri dengan Field Study – SMP Boarding School Murah Berkualitas

Prambanan (3/2) — Sebagai salah satu SMP Boarding School Murah Berkualitas, Santri SMP IT Baitussalam Prambanan mengikuti field study, Sabtu (28/02/2023) di Griya Cokelat Ngelanggeran dan Hutan Pinus Pengger untuk santri putri, dan Pengolahan Sampah Desa Sukunan dan Mini Zoo Exotarium Jogja untuk santri putra.

“Field study ini kami adakan untuk menumbuhkan karakter peserta didik dalam hal keingintahuan, disiplin, dan percaya diri, menambah wawasan tentang hal-hal yang tidak didapat di kelas, mengaplikasikan atau menerapkan wawasan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Ustazah Ririn Setyaningsih, S.Sos. selaku Kepala SMP IT Baitussalam Prambanan.

Kegiatan dimulai pukul 06.30 WIB dengan taujih pemberangkatan dari K.H. Abdul Hakim, Pimpinan PPM Baitussalam. Setelahnya, para santri menuju ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing.

Untuk santri putri, tujuan pertama filed study di Griya Cokelat Ngelanggeran Gunung Kidul, para santri belajar tentang mengolah produk dari bahan cokelat berupa membuat keriping pisang cokelat, minuman cokelat, dodol cokelat, produk cokelat. Setelah itu mereka melakukan wisata alam ke hutan Pinus Pengger, santri mengenal ragam suaka alam yang ada di wilayah Yogyakarta dan memiliki pengalaman tentang medan dan kawasan di objek wisata tersebut.

Untuk santri putra, tujuan pertama di Pengolahan Sampah Desa Sukunan, santri mendapatkan ilmu pengetahuan tentang jenis-jenis sampah, cara pengolahan sampah sesuai jenisnya, membuat kerajinan dari sampah plastik. Selain itu santri dapat mempraktikkan membuat kerajinan dari sampah plastik. Setelah itu mereka menuju Mini Zoo Exotarium Jogja untuk dapat menambah ilmu tentang perawatan binatang.

Kegiatan berakhir pukul 16.00 WIB menuju ke SMP IT Baitussalam Prambanan, SMP Boarding School Murah Berkualitas.

“Selain menunjang semangat dan mengembangkan potensi santri yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif, juga menumbuhkan wirausaha dalam diri siswa, mengadakan suatu kegiatan luar kelas yang bersifat studi lapangan melalui kegiatan Field Study ini menyenangkan,” papar Ustadzah Marsida, salah satu pendamping field study.

“Jadi tahu cara mengolah bahan cokelat menjadi berbagai macam produk hingga ke tahap pengemasannya agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” ungkap Adara, salah satu santri. (Hsn)

Kegiatan field study santri putra
Field Study santri putri

Dokumentasi lain : >>klik<<

Facebook
Telegram
WhatsApp
Share

Artikel Lain