Mencari ilmu sampai akhir hayat – Pondok Baitussaam

Kewajiban Mencari Ilmu

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”.

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR.Tirmudzi)

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ  

 Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّلحْدِ

Artinya : ”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Di dalam 4 hadist di atas sudah jelas bahwasannya mencari llmu dalam kehidupan kita sehari merupakan anjuran dan tuntutan oleh karena itu wajib bagi umat islam untuk selalu ingin dan rajin dalam menuntut ilmu.

Belajar atau yang lazim disebut dengan menuntut ilmu merupakan perkara wajib dalam ajaran Islam. Bahkan kewajiban menuntut ilmu ini sejak lahir hingga mati. Pengertian ilmu sendiri Yaitu, Ilmu secara bahasa اَلْعِلْمُ (al-‘ilmu), maksudnya adalah mengetahui sesuatu hal sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, disertai dengan pengetahuan yang pasti. Lawan dari ilmu adalah اَلْجَهْلُ (al-jahl atau kebodohan). Ilmu adalah kunci segala kebaikan. Ilmu merupakan sarana untuk menunaikan apa yang Allah wajibkan pada kita. Tak sempurna keimanan dan tak sempurna pula amal kecuali dengan ilmu. Dengan ilmu Allah disembah, dengannya hak Allah ditunaikan, dan dengan ilmu pula agama-Nya disebarkan.Kebutuhan pada ilmu lebih besar dibandingkan kebutuhan pada makanan dan minuman, sebab kelestarian urusan agama dan dunia bergantung pada ilmu. Imam Ahmad mengatakan, “Manusia lebih memerlukan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman hanya dibutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan di setiap waktu.Pondok Pesantren merupakan lembaga yang mencetak sanrri-santri yang ahli dalam ilmu agama dan ilmu akhirat.di pondok pesantern di ajari bagaimana hidup yang baik serta bagaimana menjadikan ilmu sebagai kunci kesuksesan.ada beberap keuntungan yang didapatkan santri saat menunt ilmu di pondok pesantren :

  1. Ilmu yang santri dapatkan akan bertambah dan bermanfaat
  2. Memudahkan jakan menuju Surga
  3. Memperkuat agam Islam
  4. Mendakwahkan islam dengan ilmu yang kita dapatkan
  5. Di ampuni dosanya

Belajar sampai akhir hayat

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *