Majelis Pesantren dan Ma’had Dakwah Indonesia Cibubur Kontingen baitussalam – PPM Baitussalam

Pelapasan Kontingen MAPADI Ketiga Tahun 2019Alhamdulillah pada tanggal 28 oktober 2019, SMAIT Baitussalam mengirimkan 2 kontingen santri ikhwan dan santri akhwat untuk mengikuti kegiatan PERPESNAS MAPADI Ketiga di Cibubur, Jakarta Selatan. Perpesnas merupakan Perkemahan Pesantren nasional yang diadakan oleh MAPADI( Majelis pesantren dan ma’had dakwah Indonesia). perpesnas diadakan dengan salah satu tujuan untuk mempererat silaturahmi antar santri, menggali potensi santri dan santriwati, dan mendengarkan  taujih dari tokoh nasional sebagai bekal untuk berperan di masyarakat dikemudian hari.

Kata ‘’Perkemahan’’ disini memang lebih condong tentang perlombaan kepramukaan. Namun, lain halnya dengan PERPESNAS MAPADI ini tidak hanya perlombaan kepramukaan. Namun, lebih ditekankan terhadap makna berkemah yang sesungguhnya, yaitu ajang silaturahmi antar santri, dan temu tokoh guna memberikan inspirasi pada para santri dan santriwati dengan tidak menghilangkan ajang perlombaan kepramukaan yang biasanya dilakukan.

Kontingen yang SMAIT BAITUSSALAM kirim terdiri dari 10 santri ikhwan dan 10 santri akhwat yang tergabung didalam satu sangga, anggota sangga tersebut didominasi oleh santri kelas 5 karena dirasa lebih berpenglaman daripada kelas 4. Kontingen dilepas dengan taujih dari Ust. Abdul Hakim A.Ka. tentang “Menjaga Nama Baik Pondok Pesantren Baitussalam. taujih berlangsung di halaman rumah Ust. Hakim dengan khidmat, diperhatikan dengan seksama oleh santriwan dan santriwati yang akan berangkat ke Cibubur. Diharapkan dengan adanya taujih tersebut santriwan dan santriwati yang mengikuti kegiatan PERPESNAS dapat menjaga nama baik pondok dimanapun mereka berada.

Alhamdulillah, santriwan dan santriwati dapat mengikuti semua kegiatan PERPESNAS dengan antusias, karena seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa kegiatan PERPESNAS MAPADI ( Majelis pesantren dan ma’had dakwah Indonesia) tidak hanya berisi lomba-lomba kepramukaan. Namun juga berisi kegiatan taujih dari tokoh nasional seperti: Jenderal Gatot Nurmantyo, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. , Gus Sholah (Dr. Ir. KH. Salahuddin Wahid dan tokoh nasional lainya. PERPESNAS disini juga tidak menghilangkan kegiatan perkemahan pada umumnya seperti: team work tim building, ekshibisi, diantaranya : Berkuda dan Taekwondo, dan juga Perlombaan, diantaranya : Memanah dan Tahfidz sebagai ciri khas kegiatan pesantren.

Diharapkan santriwan dan santriwati yang mengikuti kegiatan PERPESNAS MAPADI ini dapat mengamalkan makna sebenarnya dari kegiatan perkemahan serta taujih-taujih yang disampaikan oleh tokoh-tokoh nasional dalam aktivitasnya sehari-hari. Sehingga, akan terbentuk mental santriwan dan santriwati yang unggul, yang dapat membawa nama baik pondok tetap terjaga dimanapun, kapanpun mereka berada.

Kontributor : -Akmal Bahar Izzduin (4)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *