Mabit & Pesantren Kilat SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan 

      Mabit & Pesantren Kilat SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan 

   Pada tanggal 16 April – 17 April 2022 diadakan kegiatan sekolah berupa Mabid dan Pesantren kilat. Kegiatan mabid dan pesantren kilat  dilaksanakan di gedung sekolah SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 07.00 ini diawali dengan pembukaan acara yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan, Bapak Asep Dwiyan Alfianto S.Pd.I. Dilanjutkan dengan beberapa acara yang diawasi serta dilaksanakan langsung oleh para guru serta murid – murid SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan.

Kegiatan dilanjutkan dengan beberapa agenda lomba yang diikuti para murid. Beberapa agenda lomba seperti lomba hafalan , lomba adzan , lomba pidato dilakukan untuk akhirnya sholat dzuhur berjamaah.

Dengan adanya Kegiatan mabid ini siswa -siswi diharapkan agar dapat saling mengenal satu sama lain dan tidak membeda – bedakan antar teman.

Kegiatan mabid kali ini juga memiliki sebuah jargon yaitu , “Ramadhan School 2022 : Puasaku Totalitas , Ramadhanku Berkualitas , Belajarku Tuntas “.

Sekolah mengadakan acara ini juga sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa – siswinya yang telah belajar dengan sungguh – sungguh selama berada disekolah.

“Kegiatan Mabid ini kan dilakukan untuk meng-optimalkan dana konsumsi yang sama sekali tidak digunakan saat bulan puasa, jadi daripada tidak terpakai sama sekali , maka diadakanlah kegiatan Mabid dan Pesantren kilat ini.” Ucap salah seorang guru.

Kegiatan mabid ini dilanjut dengan berbagai agenda acara , dan dengan diselingi waktu istirahat bagi para muridnya. Namun dari pada itu semua , tentu saja kegiatan ibadah adalah yang paling utama dari segala agenda.

Walaupun ada begitu banyak agenda kegiatan yang dijalankan dari pagi hingga malam , para murid juga diberi agenda refreshing mengasyikkan seperti menonton film motivasi , Quiz dan Ice breaking.

Acara berlanjut hingga Azan maghrib dan dilanjut dengan berbuka puasa , shalat dan makan malam bersama. Acara ini juga mendukung minat dan bakat siswa dengan adanya lomba menghias kartu ucapan , lomba pidato dan lomba Cerdas Cermat Agama.

Tanpa disadari , acara ini memiliki banyak sekali nilai- nilai positif. Meskipun tidak dirasakan secara langsung, namun acara ini dapat mempengaruhi nilai – nilai seperti keagamaan , sosial dan emosional dalam keseharian murid – muridnya.

Acara bersama seperti berbuka dan sahur dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk bersosialisasi dengan kawan – kawan ,kakak kelas maupun adik kelas.

Orang tua juga memandang acara ini sebagai hal yang positif , dengan acara mabid seperti ini , para siswa dapat mengisi akhir pekannya dengan hal – hal yang bermanfaat.

“Kegiatan ini , kan juga dapat sebagai pengisi waktu luang anak – anak , diwaktu libur akhur pekan  kadang jadi kurang bermanfaat karena biasanya hanya diisi dengan bermain game atau bermain gadget, jadi saya memandang acara ini dengan positif saja.” Jawab seorang wali siswa ketika sedang diwawancarai oleh penulis.

Adapun wali siswa yang berkata bahwa, mereka tidak keberatan apabila anaknya harus mengikuti acara Mabid ini , apalagi sekolah selalu mengutamakan agenda keagamaan terlebih dahulu dibanding dengan agenda lainnya. Hal ini dianggap sangat positif dimata orang tua wali dari siswa siswi SMPIT.

SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan selalu mengutamakan kegiatan – kegiatan keagamaan di dalam acara ini maupun di kegiatan belajar mengajar sehari – hari. Maka dari itu ,orang tua juga memutuskan untuk mempercayakan saja anak – anak mereka berada disekolah untuk mengikuti acara ini.

Acara diakhiri dengan olahraga bersama dan penutupan yang disampaikan oleh guru – guru dari SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan.

Dengan berakhirnya acara ini, sekolah tetap mengharapkan siswa – siswinya untuk terus menerapkan nilai agama dan ilmu yang didapatkan di dalam acara mabid ini.

Mabit & Pesantren Kilat SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan 

 

 

 

( Diketik dan dibuat oleh : Citanuha Shofura Effendi , 7 Putri )

 

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Lain

Share
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
aplikasi scanner ujian

Aplikasi Scanner Ujian SMA

Pandemi telah mengubah banyak hal. Semua yang berbau konvensional harus dikonversikan menjadi digital agar semua kegiatan tetap bisa terlaksana. Berbagai layanan pemerintah yang semula menggunakan

Selengkapnya »