Search
Close this search box.

Liburan di Pondok, Santri Bikin Komik

Prambanan (27/6) Pagi nan cerah , Senin 26 Juni 2023, SMP IT Baitussalam Prambanan  mengadakan acara Workshop Bikin Komik yang telah direncanakan oleh sekolah bersama kepanitiaan guru Bahasa Indonesia serta wali kelas 7 dan 8, bekerja sama dengan Komikus Kak Toni. Alhamdulillah panitia berkesempatan menggali potensi anak lewat pelatihan gratis dari Kak Toni/ Real Masjid lewat informasi dari salah satu pengawas sekolah di Sleman, Ibu Murwati Widiani, M. Pd.

Acara dibuka oleh pembawa acara, dengan diawali tilawah dari salah satu peserta Fawwaz dari kelas 8B. Agenda pembukaan dilanjutkan sambutan yang disampaikan oelh perwakilan Kepala Sekolah, yakni Usth Baety Susi Hakimiyah,S. Pd. ,selaku Wakasarpras SMP IT Baitussalam. Beliau menyampaikan pesan kepada peserta untuk meniatkan kegiatan ini karena Allah, insya Allah bermanfaat dan bisa memberikan kemanfaatan untuk diri dan orang lain, jangan mengantuk dan tetap semangat berkarya, kemdian acara dibuka dengan basmalah.

Selanjutnya acara inti, Komikus Kak Toni memberikan motivasi semangat dengan ice breaking terlebih dahulu, dilanjutkan pengantar beliau dalam membuka workshop pagi itu. Ternyata jika kita bisa bikin komik tidak harus bisa menggambar, tapi yang terpenting bisa menulis cerita. Seperti contoh ada yang menulis komik spiderman tapi ilustrasinya orang lain. Salah satu modal kita banyak membaca buku komik atau cerita akan mudah untuk menuangkan cerita. Beliau di Malaysia waktu itu membuat karya tulis berdasarkan pengalaman pribadinya yang berawal dari masjid, yang membuat beliau ingin membuat komik bermanfaat agar menjadi amal jariyah. Jika ada buku yang dibaca dan bisa membuatnya berubah baik.

Kak Toni mengawali dengan menulis emoticon. Membuat stickman dalam 10 detik siapkan kertas hvs. Antusias peserta sangat bergairah belajar dan membuat suasana seru.

Untuk yang kedua, membuat cerita dengan menuliskan sub tema atau judul terlebih dahulu. Dengan berbagai usulan dari judul tersebut, peserta dapat memilih satu tema cerita dan diilustrasikan. Ada pertanyaan penggugah semangat dari Kak Toni kepada pesertanya.  Dalam pengalaman beliau, mari buatlah komik yang ada nilai dakwahnya agar pahala tetap mengalir.  Tambahkan dalam dialog komik kita kalimat yang baik. Ada pesan moral atau pelajaran untuk pembaca.

Setelah anak-anak membuat ilstrasi cerita komik karyanya dalam lembar hvs, beliau juga memberikan apresiasi bagi 5 peserta yang terbaik kelas 7 dan 8 yakni Haikal Aqeela Ash Shiddiq, Ahmad Dimas Suhadi, Adzka Hanifah, Hasna Anggita, dan Almira Darajatun Nisa dengan hadiah buku komik Real Masjid.

Pengarahan ilmu yang terakhir, beliau menyampaikan gali lagi tentang pondok, ada banyak cerita yang bisa digali. Kak Toni sangat berkesan dan berkata, “Baru kali ini saya bikin workshop, pesertanya 80% paham dan mengerjakan tugas jadinya banyak yang bagus”. Dari sekian banyak sekolah yang beliau isi materi, inilah sekolah yang cepat paham dan bisa membuat komik. Yang bisa saya janjikan, setelah seleksi ada yang bisa saya sertakan di komik saya yang baru”. Masya Allah sangat berkesan bagi pembicara apalagi bagi anak-anak sangat senang belajar membuat komik dan bermanfaat bagi mereka.

Harapan pembicara kegiatan ini akan ada kelanjutannya hingga menjadi buku. Semoga harapan panitia dan peserta, kegiatan ini akan ada kelanjutannya dalam memberikan kontribusi menyalurkan jiwa-jiwa kreativitas anak didik dalam tumbuh kembangnya dan berkarya di SMP IT Baitussalam Prambanan menuju SMP Islam Terbaik di Jogja.

IG Tony Trax : https://www.instagram.com/p/Ct8iR1Ur9OD/ 

Santri menerima penghargaan dari Kak Toni
Santri menerima penghargaan dari Kak Toni
Santri antusias membuat komik
Santri antusias membuat komik
Kak Toni mendampingi santri
Foto Bersama dengan Kak Toni
Kak Toni mendampingi santri
Kak Toni mendampingi santri
Kak Toni mendampingi santri
Kak Toni melihat karya santri
Facebook
Telegram
WhatsApp
Share

Artikel Lain