Kerja Bakti Bersama santri PPM Baitussalam – Pondok Baitussalam 2019

 

Kerja Bakti Di Pondok Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab, Kebersamaan, dan Menjaga Kebersihan Pondok

Kerja bakti di PPM Baitussalam dilaksanakan setiap Hari Ahad, semua santri dari kelas 1 sampai kelas 6 berkumpul di depan Asrama Sunan Kalijaga untuk mendapat pengarahan dari pengurus OSBA bagian kebersihan. Bagian kebersihan disini akan membagi per-asrama atau per-angkatan untuk membersihkan tempat-tempat yang telah ditentukan sebelumnya. Tempat-tempat yang akan dibersihkan biasanya daerah Asrama Wali Songo dan Asrama Umul Quro, Kamar Mandi, Jalan, Gor, Catering, Masjid, dan Gedung Al Azhar SMP dan SMA.

Dengan pembagian tugas tersebut, santri diberi tanggung jawab untuk membersihkan tempat yang telah ditentukan. Apabila  tempat yang dibagikan kurang bersih atau bahkan masih kotor, santri yang merbersihkan tempat tersebut akan diminta untuk mengulanginya lagi hingga tempat tersebut bersih dari sampah. Dengan cara ini santri akan terbiasa untuk bertanggung jawab pada pekerjaanya masing-masing.

Saat kegiatan ini berlangsung, santri akan dilatih untuk mengerti rasa kebersamaan, karena santri harus bekerja sama untuk membersihkan tempat yang sudah ditentukan. Karena jika hanya beberapa santri saja yang bekerja maka kegiatan bersih-bersih akan berlangsung lama dan santri akan kehabisan waktu untuk membersihkanya. Jika santri kehabisan waktu, kegiatan bersih-bersih akan dilanjutkan setelah makan siang, dilakukan oleh semua santri yang bertanggung jawab tanpa terkecuali.

Selain kegiatan bersih-bersih ahad pagi, ada kegiatan lain untuk menjaga kebersihan pondok yaitu piket pondok, piket pondok dilakukan setiap Hari Senin sampai Sabtu. Piket pondok terdiri dari tiga sampai empat orang santri kelas 2 dan kelas 1 ,masing-masing santri dibagi pekerjaannya, dimulai dari mengecek setiap asrama, mengumpulkan galon, mengambilkan makanan santri yang sakit, membantu cleaning service membersihkan masjid, mengambil sampah setiap asrama dan lain-lain. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.00 hingga pukul 16.30, setelah sebagian pekerjaan selesai maka diperbolehkan istirahat selama 30 menit kemudian melanjutkan pekerjaan hingga selesai.

Selain kegiatan bersih-bersih. Di pondok, santri juga diajarkan untuk mempunyai kesadaran akan lingkungan sekitarnya. Santri yang mempunyai kesadaran akan lingkungan sekitarnya bisasanya akan sigap membersihkan sampah-sampah di sekitarnya, selain sigap membersihkan sampah di sekitarnya, santri yang memiliki kesadaran akan lingkungan di sekitarnya akan terbiasa untuk mengingatan temanya untuk turut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga terciptalah lingkungan yang bersih dari sampah.

Dengan kegiatan bersih-bersih serta penanaman kesadaran akan lingkungan sekitarnya, diharapkan kebersihan pondok akan selalu terjaga sehingga menciptakan lingkungan yang produktif dan kondusif untuk menunjang kegiatan belajar mengajar serta kegiatan hafalan Al-Qur’an terutama untuk program takhassus.

 

Kontributor: -Mirza Muhammad Akbar (X MIPA)

-Akmal Bahar Izzudin (X IPS)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *