Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 10 Agustus dan Sejarahnya

Apa itu Hari Kebangkitan Teknologi Nasional?

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional adalah salah satu hari penting dalam sejarah nasional yang diperingati sebagai tonggak sejarah kebangkitan teknologi nasional. Dilansir dari halaman resmi Kemendikbud, tujuan Hakteknas adalah untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Selain itu Hari Kebangkitan Teknologi Nasional juga bertujuan untuk memberikan dorongan kepada masyarakat untuk terus menerus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban bangsa Indonesia. Hasil karya IPTEK yang ditampilkan dalam peringatan Hakteknas juga menjadi kesempatan baik untuk memberikan pertanggungjawaban publik terhadap segala hal yang telah dilakukan oleh komunitas IPTEK dengan sumberdaya yang diberikan oleh rakyat Indonesia.

Kapan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Diperingati?

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan Hakteknas pada tanggal 10 Agustus itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995. Peringatan Hakteknas yang menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi nasional ini berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.

Hasil karya anak bangsa itu menjadi bukti bahwa negara Indonesia telah berhasil menumbuhkan inovasi serta jiwa mengembangkan iptek nasional. Hal itu juga membuktikan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran terhadap pengembangan iptek dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 10 Agustus

Masih dilansir dari laman yang sama, sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 10 Agustus adalah berawal dari penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Peristiwa tersebut merupakan perwujudan upaya panjang sejumlah ilmuwan Indonesia untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa terhormat di kancah internasional.

Pesawat N-250 adalah pesawat komuter turboprop rancangan asli IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia). Beberapa tahun sebelum IPTN membuat pesawat N-250, mereka telah berhasil memproduksi pesawat CASA-212 dengan lisensi dari Spanyol dan pesawat CN-235 bersama dengan perusahaan CASA Spanyol.

Berangkat dari pengalaman dan keberhasilan tersebut, anak-anak bangsa IPTN lalu mulai merancang dan memproduksi pesawat N-250 secara mandiri. Pesawat N-250 sendiri menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.

Melalui keberhasilan penerbangan pesawat N-250 Gatotkaca, pada tanggal 6 Oktober 1995, Presiden Republik Indonesia menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995. Hal itu untuk lebih menyemangati masyarakat agar terus menghasilkan dan memajukan hasil teknologi dalam negeri.

 

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Lain

Share
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Masuk TOP 1000 UTBK

Masuk TOP 1000 UTBK

Ada yang berbeda pada milad Pondok Pesantren Modern Baitussalam yang ke 36 kali ini. Unit SMA IT Baitussalam memberikan kado yang indah untuk pondok pesantren.

Selengkapnya »
50% Lulusan Tembus PTN

50% Lulusan Tembus PTN

Alhamdulillah, biidznillah tahun ini 50% Lulusan Tembus PTN dengan berbagai jalur yang ditempuh oleh mereka. PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mereka pilih tersebar di berbagai daerah.

Selengkapnya »