Search
Close this search box.

Bangga! Menjadi Petugas Upacara Peringatan Hari Pramuka Kapanewon Prambanan

Prambanan — Setelah vakum selama tiga tahun akibat deraan pandemi covid-19, Kwartir Ranting Prambanan Sleman kembali mengadakan upacara dalam rangka peringatan Hari Pramuka yang tahun ini merupakan Hari Pramuka ke-61. Upacara dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 13 Agustus 2022 di Lapangan Candi Banyunibo, Dusun Cepit, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman. Upacara dilaksanakan maju satu hari dari tanggal yang seharusnya, karena Hari Pramuka tahun ini bertepatan dengan hari Ahad yang merupakan hari libur sekolah.

Upacara Peringatan Hari Pramuka penting dilaksanakan karena memiliki tujuan menanamkan karakter kepada peserta didik, misalnya membentuk sikap disiplin serta menghargai suatu proses berkaitan dengan sejarah tradisi perjuangan dan keberhasilan yang dicapai agar para siswa memiliki rasa cinta tanah air. “Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 ini adalah ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang”. Begitulah ungkap Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 Kwartir Ranting Prambanan, yaitu Panewu Prambanan Bapak Ishadi Zayid, S.H.

Yang istimewa dari upacara kali ini adalah bahwa para petugasnya berasal dari siswa-siswi SMP IT Baitussalam Prambanan. Proses jalannya upacara cukup singkat dan padat. Upacara dimulai pada pukul tujuh lebih dan diakhiri pukul delapan Waktu Indonesia Barat. Diawali dengan penyiapan-penyiapan barisan peleton, kedatangan inspektur upacara, penghormatan kepada Bendera Merah Putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan amanat inspektur upacara, kemudian doa, pengumuman dan pembubaran barisan.

“Terima kasih kepada adik-adik petugas upacara dari SMP IT Baitussalam Prambanan yang telah melaksanakan tugasnya sehingga upacara kali ini berjalan dengan sangat baik,” ungkap salah satu panitia Bapak Sudaryanto, M.Pd. saat membacaran beberapa pengumuman di akhir upacara. Semoga melalui upacara ini semangat Gerakan Pramuka untuk mengabdi kepada bangsa menjadi lebih berkobar, khususnya kakak-kakak dan adik-adik anggota Gerakan Pramuka di Kwarran Prambanan. (Chy)

Facebook
Telegram
WhatsApp
Share

Artikel Lain