Bangga! Matcosalam Sabet Juara 1 Lomba Kewirausahaan Disdik Sleman

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Prambanan (15/9) — Tim KWU (Kewirausahaan) SMP IT Baitussalam Prambanan berhasil menyabet gelar Juara 1 Lomba Kewirausahaan Pelajar SMP Se-Sleman. Tim yang beranggotakan santriwati Adzka Hanifah, Aniqa Hasna Fauzi, Athaya Humna Darussalam, dan Cindy Dela Febriana sukses memastikan juara setelah melalui beberapa tahapan kegiatan lomba mulai dari bimtek kewirausahaan pada tanggal 3-4 Agustus 2022, kemudian pameran kewirausahaan dan presentasi produk (14/09/2022) di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Dinas Pendidikan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya pelajar SMP di Kabupaten Sleman.

Matcosalam atau Tomat Cokelat Baitussalam adalah produk kewirausahaan dari santriwati SMP IT Baitussalam yang berbahan dasar tomat. “Tomat merupakan buah yang bermanfaat bagi manusia. Kami memilih tomat karena sangat murah harganya, sehingga kami ingin menaikkan nilai jual tomat. Kami mengolah tomat menjadi manisan yang memiliki varian rasa original, coklat, stroberi, dan vanila dengan tampilan yang kekinian,” papar Ustazah Anggi, salah satu pembimbing Matcosalam.

“Seluruh tahapan pengolahan dilakukan oleh santriwati mulai dari memilih tomat di pasar yang berkualitas, merendamnya ke air sirih, karamelisasi menggunakan gula, penjemuran, dan memasukkan dalam cetakan sampai tahap penjualan,” tambah Ustazah Ida.

Kami berdoa dan bekerja keras dalam mempersiapkan lomba ini. Selain mengolah produk kami juga mempersiapkan untuk pameran yang menggunakan stan-stan. Di sela-sela pameran produk, kami mempresentasikan produk di depan juri di Ruang KI Hajar Dewantara. Alhamdulillah, presentasi yang bagus dan menarik perhatian karena kami dengan yel-yel. Allah kabulkan menjadi juara satu,” cerita Aniqa, salah satu tim KWU.

“Menumbuhkan jiwa kewirausahaan merupakan bagian dari proses pembelajaran. Ketika jiwa kewirausahaan itu sudah muncul maka akan lahir ide ide cemerlang. Dengan pembimbingan yang optimal maka akan menghasilkan produk yang inovatif. Totalitas dalam pengerjaan menghasilkan produk yang diminati banyak kalangan. Terima kasih kepada Tim KWU SMP IT baitussalam Prambanan yang dengan usaha yang luar biasa dan doa dari ustaz/ustazah. Alhamdulillah berakhir sangat indah dan luar biasa sebagai juara 1 lomba Kewirausahaan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Terus lah bersemangat, berkarya, dan berinovasi. Ini sebagai langkah awal kalian untuk bekal di masa yang akan datang,” pesan Ustazah Ririn Setyaningsih, Kepala SMP IT Baitussalam Prambanan. (Hsn)

Tim membeli tomat di Pasar Prambanan
Memilih tomat yang berkualitas
Merendam dengan kapur sirih
Proses Karamelisasi
Proses penjemuran
Proses pencetakan
Proses Pemfotoan
Produk Matcosalam
Produk Matcosalam
Produk Matcosalam
Produk Matcosalam
Produk Matcosalam
Antusias Pembeli pada Pameran Produk di Halaman Disdik Sleman
Antusias Pembeli pada Pameran Produk di Halaman Disdik Sleman
Antusias Pembeli pada Pameran Produk di Halaman Disdik Sleman
Antusias Pembeli pada Pameran Produk di Halaman Disdik Sleman
Penyerahan Penghargaan oleh Kabid Pembinaan SMP, Ibu Dwi Warni Yuliastuti, AP, M.Pd.
Foto bersama dengan Juri dan Ibu Ning Hartoyo, S.Pd.
Flyer Produk Matcosalam