Search
Close this search box.

Antusiasme Santri Mengikuti Workshop Kepenulisan – Menuju SMP Boarding Terbaik di Indonesia

Prambanan (14/1) — Menuju SMP Boarding Terbaik di Indonesia, Santri SMP IT Baitussalam Prambanan mengawali semester genap tahun pelajaran 2022-2023 dengan mengikuti workshop kepenulisan produktif. Workshop ini merupakan program OSBA yang terselenggara atas  kerjasama dengan LMI (Lembaga Manajemen Infaq). Acara yang berlangsung  pada Rabu, 11 Januari 2023 dan bertempat di GOR Baitussalam berjalan dengan lancar. Sebagai narasumber adalah Kak Satria Nova yang telah menerbitkan 18 buku.

Pimpinan Pondok Modern Baitussalam, ustaz K.H Abdul Hakim serta Kepala SMP IT Baitussalam, ustazah Ririn Setyaningsih S.Sos turut menghadiri acara ini untuk memberikan sambutan. Ustazah Ririn menyampaikan harapannya dengan adanya acara ini santri-santri dapat menjadi penulis-penulis hebat. Mampu berkontribusi, menyampaikan gagasan dan aspirasi melalui tulisan sehingga tulisan-tulisan tersebut dapat membawa kemanfaatan untuk semuanya.

Dalam sambutannya pula, ustaz K.H. Abdul Hakim menyampaikan bahwa masalah kepenulisan ini sangat penting sekali. Beliau menjelaskan tentang surat Al Qolam. Beliau menambahkan bahwa tulisan-tulisan akan menjadi ilmu yang bermanfaat sehingga pahala dapat mengalir terus-menerus.

Antusiasme santri dalam mengikuti acara ini sangat tinggi. Terbukti hampir semua santri membawa buku dan alat tulis untuk mencatat ilmu-ilmu yang disampaikan oleh pembicara. Materi-materi yang berkaitan dengan tips-tips memulai menulis hingga dapat diterbitkan menjadi buku disampaikan oleh pembicara dengan penuh semangat. Usai acara di GOR, para santri menuju kelas masing-masing untuk praktik menulis. Rencananya karya-karya pilihan akan diterbitkan mejadi buku.

Sesi selanjutnya untuk peserta akhwat. Rabu, 11 Januari 2023, pukul 09.45 acara workshop dimulai kembali, antusias peserta sangat bersemangat. Alhamdulillah mereka bisa berkumpul bersama dan bersiap menimba ilmu dari sang penulis. Acara dimoderatori oleh Aniqa Hasna Fauzi dan tilawah Al qur’an oleh Afifah Hasna Mufarrihah.

Saran pembicara yakni Kak Satria sangat fantastis, memberikan peserta pertama dengan nama pena atau nama penulis yang asli, kemudian menyampaikan jenis buku, judul-judul yang unik agar membuat menarik pembaca. Beliau menyampaikan tentang jenis tulisan hingga 8 jenis. Kemudian proses menulis buku itu seperti apa, alur penerbitan, cara mengajukan naskah dan lain sebagainya.

Peserta sangat antusias dan menyimak dengan baik, ada peserta yang bertanya tentang bagaimana agar kita mau menulis. Kak Satria menjawab dengan jawaban yang simple dan membuat peserta menjadi paham. Terakhir Kak Satria menyampaikan kalau menulis itu harus menjadi salah satu impian kita. Menulislah satu buku seumur hidupmu. Pengalamaan dari beliau , awalnya ingin menulis satu buku, namun ternyata seiring waktu bisa menulis hingga 18 buku dengan judul-judul unik dan untuk remaja hingga dewasa.

Acara workshop selesai pukul 11.00, dilanjutkan pukul 13.00 didampingi wali kelas di kelas masing-masing, praktik menulis produktif tentang pengalaman liburannya di semester 1 lalu. Semoga bisa memberi kesan dan pengetahuan serta pengalaman berharga untuk mereka menuju SMP Boarding Terbaik di Indonesia. (Apr/Git)

Workshop Menulis Menuju SMP Boarding Terbaik di Indonesia

Mau Lihat Dokumentasi Acara?
>>KLIK<<

Facebook
Telegram
WhatsApp
Share

Artikel Lain