Malam Bina Iman dan Taqwa

Malam Bina Iman dan Taqwa

Prambanan, 25 Januari 2020, Mabit warriors generation merupakan agenda mingguan yang mana dilakukan oleh santri-santri kelas 3 PPM Baitussalam. Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa ) adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Istilah yang sangat masyhur kita dapati pada salah satu rangkaian ibadah haji yaitu mabit di Mina. Istilah ini dipakai kalangan santri untuk melakukan kegiatan di malam hari yang mana mereka datang dari asrama menuju masjid guna melakukan aktivitas yang berkaitannya dengan : membaca al-quran, tilawah bersama, materi kultum oleh ustadz dan shalat malam secara berjamaah, kegiatan mabit ini tepat di lakukan oleh santri kelas 3 warriors generation atau istilahnya siswa akhir Pondok Baitussalam jenjang SMP.

Mabit merupakan salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, mabit adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur). Untuk memudahkan memahami definisi ini, biasanya mabit dijadikan akronim dari Malam Bina Iman dan Taqwa.

MABIT ( Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah kegiatan yang di lakukan pada malam hari yang bertujuan untuk membina iman dan taqwa seseorang untuk menjadi lebih baik lagi daripada yang sebelumnya.Di MABIT yang Dilakukan oleh Santri Pondok Baitussalam banyak yang di lakukan untuk bisa mebina iman dan taqwa seseorang yaitu diantaranya

  1. silahturahmi dengan teman
  2. sholat berjamaah
  3. mengaji Al-qur’an
  4. materi islam yan di bawakan seorang guru atau Ustadz
  5. makan bersama dan istirahat bersama
  6. tayangan video islami
  7. tadarus Al-qur’an
  8. qiyamul lail
  9. dan lain-lain

Setelah santri kelas 3 melakukan mabit dan shalat malam berjamaah esok harinya mereka bersama-sama melakukan aktivitas membaca maksurot pagi hari, lanjut membersihkan sekitar masjid dan lingkungan masjid agar menjadi bersih. Setelah para santri melakukan bersih-bersih lingkungan masjid para santri mempersiapkan diri untuk olahraga bersama atau senam pagi bersama agar badan terasa sehat dan kuat.

Untuk menjalin Ukhuwah islamiyah yang kuat di antara santri terutama kelas 3 Warriors Generation anak-anak melaksankan pertandingan persahabatan yang di lakukan di lapangan sepak bola, alhamdulillah agenda mabit berjalan dengan lancar untuk menambah ruhiyah para santri sekaligus agenda untuk menjalin ukhuwah islamiyah berjalan dengan lancar dan sukses, tidak lain kegiatan ini untuk melatih kedewasaan santri-santri Baitussalam

Mabit

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *